Ekowisata Bale Mangrove di Desa Poton Bako, Deso Jerowaru, Lombok Timur menerapkan pengumpulan sampah. Retribusi yang dimaksudkan agar destinasi wisata bebas sampah itu berlaku sejak kemarin, Sabtu 13 Agustus 2022.

Kawasan wisata bersama seluas dua hektar ini menggunakan deposit refund, sebuah metode dimana pengunjung diminta untuk meninggalkan timbunan sampah untuk memastikan mereka membuang sampah mereka secara terpisah di tempat pembuangan mereka. Pemisahan sampah merupakan isu penting dalam pengelolaan sampah.

Ketua Pokdarwis Bale Mangrove yang membawahi Ekowisata Bale Mangrove, Lukmanul Hakim mengatakan, penerapan pengembalian deposit ini merupakan bagian dari program pengelolaan ekowisata rendah karbon dan zero waste. Program ini diterbitkan oleh tim fakultas IPB Village. Ekowisata Bale Mangrove sangat senang dan program ini sangat bagus dan relatif baru diterapkan di Indonesia,” kata Lukman kepada Tempo, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Peluncuran program ini dihadiri Lalu Iswan Rachmadi, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur, M. Edwin Hadiwijaya, Anggota DPRD Provinsi NTB, dan dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mungkin telah merasakan manfaat dari program ini.

Lukman menjelaskan, uang jaminan Rp 2.000 per orang bisa diambil kembali jika pengunjung pulang atau meninggalkan kawasan wisata Bale Mangrove dengan catatan sampah dipilah di tempat sampah yang sudah disiapkan pengelola. Dalam penerapannya diharapkan pengembalian deposit ini untuk mencegah pengunjung membuang sampah sembarangan, ”katanya.

Terdapat 3 tempat sampah yang disiapkan oleh Pengelola Ekowisata Mangrove Bale untuk menampung sampah pengunjung. Setiap tempat sampah diberi keterangan jenis sampah yang akan dibuang. Satu tempat sampah khusus untuk sampah organik, dua buah tempat sampah lainnya untuk sampah anorganik, masing-masing khusus untuk botol, dosen, gelas dan khusus untuk sampah yang berupa plastik kemasan”, .

Bale Mangrove menawarkan beberapa spot foto yang dilengkapi dengan hammock. Wisatawan dapat menjelajahi hutan bakau dengan kano dan terdapat pohon bakau Soneratia alba yang berusia ratusan tahun. Selain itu, ada perkemahan, pembibitan bakau dan atraksi madak yang berlangsung dua kali sebulan.

Baca juga :
Jasa Pbn
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas

Diakui Lukman, meski madak tidak baik untuk kelestarian lingkungan, namun kegiatan ini tetap dilakukan dan regulasi sedang dibuat. Saat air surut, Madak dapat ditempuh hingga satu kilometer untuk mendapatkan kerang, kepiting kecil, dan biota laut lainnya.

Saat ketua tim pengajar sekembalinya ke IPB Village, Eva Anggraini mengatakan bahwa dengan diterapkannya refund deposit ini, pengunjung tidak hanya akan datang untuk wisata terpandu, tetapi juga ürwick pengembalian dana untuk wisata terpandu saja.

M. Edwin Hadiwijaya, Anggota DPRD Provinsi NTB, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas apa yang telah dikembangkan tim fakultas IPB Desa dalam bidang ekowisata mangrove di Bale. Pengembalian dana titipan ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang bersih dan asri, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan pengelola Bale Mangrove karena pengunjung memilah sampah secara otomatis, dengan manfaat tambahan. Tak kalah pentingnya, penggunaan uang kembalian uang jaminan ini menumbuhkan kesadaran setiap orang untuk menjaga lingkungan dengan tetap menjaga kebersihan,” ujar Edwin.